Rabu, 04 Februari 2015

Cara Membersihkan Karat Pada Logam Dengan Mudah

Cara membersihkan karat atau menghilangkannya memang gampang-susah. Dibilang gampang jika anda tahu tekniknya, dan terasa susah membersihkan karat jika anda memang tidak mepunyai wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana caranya menghilangkan karat. Karat pada umumnya menempel pada logam besi. Tetapi ada pula beberapa logam lainnya yang dapat berkarat. Untuk menghilangkan serta membersihkan karat, ada beberapa teknik dan cara yang bisa anda lakukan agar benda yang berkarat kembali seperti semula (seperti baru). Berikut ini tips dan trik cara menghilangkan serta membersihkan karat dengan mudah. Bisa langsung anda praktekkan pada pisau, golok, gunting atau benda apapun yang berkarat.
Cara Membersihkan Karat

Cara Mudah Menghilangkan dan Membersihkan Karat

Apabila taplak meja makan ataupun serbet terkena noda dari karat, gosoklah dengan menggunakan air jeruk yang diberi garam, kemudian dijemur dibawah terik matahari dan jika telah kering, beri lagi air jeruk seperti yang telah dilakukan diatas dan lakukan terus sehingga noda hilang.
Karat yang melekat pada pisau, gunting dan benda sejenis lainnya dapat dihilangkan dengan merendamkan benda-benda tersebut kedalam air cuka yang dicampur dengan abu gosok, direndam hingga semalaman, setelah itu gosoklah pisau, gunting dan benda berkarat sejenis dengan menggunakan abu gosok yang kering atau bisa menggunakan amplas, dan Untuk mencegah barang/ benda logam agar tidak berkarat ketika disimpan, olesilah dengan cairan anti karat. Bahan kimia untuk membuat cairan tersebut adalah terdiri dari: 15 gr borax, 20 gr sol farmaldehya, 30 gr phenol liquiefact dan 935 cc aqua.
Cara membuat: larutkan borax pada aqua, pada larutan borax tersebut, masukkan phenol dan formaldehyd serta aduk dan campurkanlah bahan kimia tersebut hingga merata. Karat pada gunting dapat dihilangkan dengan merendam gunting pada cairan amoniak berkadar tinggi. Kemudian, lap gunting tersebut dengan menggunakan lap yang lembab.
Cara sederhana menghilangkan dan membersihkan noda karat pada pakaian: buatlah pasta yang terbuat dari garam yang dicampur dengan sari jeruk, lalu oleskan sebanyak mungkin hingga cukup pada noda karat yang menempel pada pakaian tersebut. Keringkan dibawah terik sinar matahari selama 2 - 3 jam. Setelah itu dibasuh dan dicuci bersih, kemudian oleskan sari jeruk pada noda-noda karat pada pakaian sambil merenggangkan pakaian itu dengan kuat diatas ketel terbuka berisi air mendidih. Dengan cara ini, noda karat akan hilang dalam hitungan beberapa detik saja.

Cara Membersihkan Karat Dengan Menggunakan Aluminum Foil

Siapkan Alumunium foil sesuai dengan besar objek. Apabila objek yang akan dibersihkan karatnya besar atau lebar, maka lebar pula alumunium foil yang harus disiapkan. Basahi alumunium foil dengan air secukupnya dan persiapkan bahan atau benda berkarat yang akan dibersihkan karatnya, gosokkan alumunium foil pada permukaan benda tersebut Setelah beberapa saat, karat lenyap dan permukaa benda kembali seperti baru.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.